Program Studi Sastra Inggris

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161. Telp: +62 274 511829 ext.2117, +6282243425310

Sejarah Prodi Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris didirikan tahun 1996 dan mendapatkan ijin operasional pada tahun 1997 melalui SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 232/DIKTI/Kep/1997. Saat ini Prodi Sastra Inggris mendapatkan akreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013. Selain itu, untuk menjamin mutu prodi dan institusi, UAD menyelenggarakan Audit Mutu Internal (AMI) 3 bulan sekali, dan sejauh ini Alhamdulillah UAD mendapatkan Sertifikat ISO 2008 dan IWA 2.

 

Parade Of English Literature

Minggu 19 November 2017 by sasing on Berita

Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris UAD, baru-baru ini telah mengadakan pementasan drama, puisi dan musik yang diberi tema Parade Of English Literature pada tanggal 23 Mei dan 30 Mei 2016. Dalam pementasan tersebut, mahasiswa menampilkan berbagai kesenian, seperti: pementasan drama, puisi dan musik. Semua itu  dikerjakan oleh mahasiswa semester 4 dan beberapa semester 2 yang mengambil mata kuliah telaah drama dan telaah puisi.

Kegiatan ini diikuti oleh 88 mahasiswa, yang terdiri dari kelas puisi ada 88 dan kelas drama ada 100 mahasiswa. Drama ada 1 dan yang lainnya puisi dan lagu. Setiap tahun, drama dan puisinya selalu berbeda. Banyaknya mahasiswa yang terlibat, membuat acara dibagi menjadi 2 hari, yakni senin tanggal 23 dan 30 Mei 2016.

Acara ini merupakan praktek pementasan drama dan puisi. Acara ini merupakan penutupan perkuliahan telaah drama dan puisi, yang rutin digelar setiap tahunnya. Acara ini bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa. Selain mengapresiasi karya seni sastra, mahasiswa juga dapat menggali potensi dari puisi, drama dan musik. &nbsp &ldquo Saya dan Bu Ulaya selaku dosen pengampu mata kuliah ini sangat mengapresiasi mahasiswa, ternyata penjiwaan mereka dalam membaca puisi dan memerankan karakter drama itu mereka sangat bagus”, ujar Bu Rina (Kaprodi Sastra Inggris).

Dalam pementasan ini, mahasiswa memegang kendali penuh dari ketua pelaksana sampai divisi-divisi mendukung. Bahkan dari segi dana, mahasiswa mengusahakan untuk mencari dana yang digunakan untuk mengadakan pementasan. Salah satu cara mahasiswa untuk mendapatkan dana, adalah dengan mengadakan great sale di tempat-tempat umum dan bazar buku.          

“Sebenarnya mahasiswa kalau dipercaya dan diberi tanggung jawab tugas seperti itu ternyata mereka bisa, saya yakin itu. Pesan saya untuk mahasiswa, belajarlah dari pengalaman yang sudah terjadi, dan kedepannya bisa lebih kreatif dan dapat membuat pementasan lebih besar lagi agar dapat ditonton oleh banyak orang dari kampus maupun luar kampus”, tutup Bu Rina. (AK).

Tuliskan Komentar Anda

* Wajib diisi